Tahun Baru Kisah Baru

Gema Sholawat serta Bunyi merdu bacaan ayat suci Al Qur’an mewarnai penyambutan tahun baru 2021 Masehi, pasalnya sebagian komplek di PP. Bahrul Ulum Putra mengadakan beberapa kegiatan untuk menyongsong tahun baru kali ini, tak hanya itu pada malam pergantian tahun para santri disibukkan dengan rutinan bakar jagung yang difasilitasi oleh pihak pondok yang bertempat dihalaman pondok, hujan deras yang mengguyur Kota Jombang rupanya tak menyurutkan semangat mereka.

Tahun 2020 memang telah terlewati sudah, maka sudah sepatutnya sebagai orang yang diberi kelebihan akal oleh Allah kita mensyukuri akan segala nikmat-Nya kepada kita selama setahun lalu. Salah satu wujud syukur tersebut bisa kita aplikasikan lewat Muhasabah (Intropeksi diri), dalam setahun yang kita lewati sudahkah kita maximal dalam mendekat kepada-Nya? atau sebaliknya maksiat kitalah yang meraja lela? semua itu kiranya perlu kita renungkan, sebagaimana dawuhnya Sayyidina Umar bin Khattab RA.

حاسبوا انفسكم قبل ان تحاسبوا

yang maknanya kita disuruh Intropeksi diri sebelum kita dihisab kelak pada hari kiamat.

Selain itu, hikmah Muhasabah (Imtropeksi diri) sendiri sangatlah banyak diantaranya yaitu kita bisa memperbaiki serta menambal kekurangan-kekurangan kita pada setahun yang terlalui agar ditahun berikutnya kesemuanya itu tidak dilakukan kembali, sehingga tahun berikutnya kita semua bisa berusaha sekuat tenaga agar mampu menjadi “Insan kamil” dihadapan Allah SWT. Wallahu A’lam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *