Pengajian Rutin Malam Selasa.

KH. M. Syifa’ Malik, Qori’ Pengajian Ta’lim Malam Selasa (21/09/2020)

Pengajian Rutin Kitab Ta’limul Muta’allim yang dilakukan pada setiap malam Selasa di Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Putra Tambakberas Jombang telah dimulai kembali setelah sekian bulan libur karna dipulangkan nya para santri dalam rangka mengantisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan Pesantren, pengajian yang sudah berjalan selama bertahun-tahun ini bertujuan mendidik akhlaq para santri dalam proses mencari ilmu, karna selain faktor kesungguhan, faktor akhlaq pun menjadi penyebab utama keberhasilan dalam mencari ilmu. Alasan dipilihnya Kitab Ta’limul Muta’allim untuk dikaji karena didalamnya terdapat norma-norma dan etika-etika pencari ilmu (santri) dalam mencari ilmu agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Pada malam Selasa kali ini (21/09/2020) pengajian Ta’limul Muta’allim dikaji oleh KH. M. Syifa’ Malik dan Fashlnya adalah Fashl tentang perkara-perkara yang dapat menyebabkan datangnya rezeki dan yang mencegah rezeki, beliau menyampaikan bahwa kitab Ta’lim merupakan kitab yang bagus, selain didalamnya membahas cara mendapatkan ilmu ternyata ada juga pembahasan tentang rezeki.

Beliau juga menerangkan bahwa ada banyak kebiasaan dalam kehidupan kita yang tanpa kita sadari ternyata termasuk kebiasaan yang dapat menjadikan “Faqir”, contohnya saja seperti bergegas keluar Masjid seusai sholat Shubuh dsb. Perlu diperhatikan bahwa kitab Ta’lim bukan menuntut agar pelajar (Santri) menjadi orang yang kaya, karena semuanya kembali pada individu masing-masing karena yang terpenting adalah dalam keadaan apa saja baik kaya maupun miskin kita hendaknya selalu bersyukur kepada Allah SWT. Tak cukup hanya dengan bersyukur, para pelajar (Santri) juga hendaknya selalu menyibukkan dirinya pada hal-hal yang berguna karena dalam kitab Ta’lim telah dikemukakan bahwa jika seseorang menyibukkan diri pada hal yang tidak berguna maka hal yang berguna pasti akan hilang, maka dari itu mulai sekarang manfaatkan waktu kita dengan hal-hal yang berbau positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *