Pada suatu pagi, disebuah warung yang tenang, berkumpulah beberapa orang santri yang masih lugu dan polos, yakni mentok dan bopeng.
Seperti biasa pada kalangan pesantren. Tatkala itu mereka sedang berbincang mengenai persoalan apa yang di kajinya seputar ketauhidan / Ke-esa-an Allah SWT.
  • Bopeng : Saiki opo contohe gawe wong awam nek gusti allah iku bener bener onok ?
  • (Sekarang apa contohnya buat orang awam kalau Allah itu benar benar ada ?)
  • Mentok : Sampean ngerti robot ? Robot iku mosok tau ngerti lek seng nggawe awak e iku menungso. yo podo karo menungso, tp semunu ugo, robot iku tetep ngelakoni program teko penciptane.. ws podo ae karo menungso. 
  • (Kamu tau robot ? robot itu masa tau kalau yang membuat nya itu manusia. ya sama seperti manusia, tapi walaupun begitu, robot itu tetap melakukan apa yang sudah diprogramkan oleh penciptanya.. ya sama saja seperti manusia)
  • Bopeng : Tapi kan yo onok robot iku seng ngerti penciptane , lek ngunu pie ??
  • (tapi kan juga ada robot yang tau penciptanya, bagaimana itu ?)
  • Mentok : Robot seng ngunuku mau podo karo menungso seng drajat e wes di angkat karo gusti Allah. contoh e poro wali lan nabi, mereka bener bener wes ngerasakne interaksi langsung karo penciptane, mergo wes di weh.i sistem seng lebih karo penciptane ..dadi intine tugas e menungso yo wes manut ae karo seng wes di programne, yo kuwi ibadah. koyo awak dewe ngeneki dadi santri yo seng temen, engko lek wes bener bener temen iso ae gusti Allah ngangkat drajad e dewe iso luweh parek ng gusti Allah seng nyiptakne menungso.
  • (Robot yang seperti itu sama dengan manusia yang derajatnya sudah diangkat sama Allah. contohnya para wali dan nabi, mereka benar benar sudah merasakan interaksi langsung dengan penciptanya, karena sudah dikasih sistem yang lebih oleh penciptanya.. jadi intinya tugasnya manusia itu oatuh saja dengan aturan yang sudah diprogramkan, yaitu ibadah. Seperti kita ini jadi santri ya yang serius, nanti kalau sudah benar benar betul, bisa saja Allah mengangkat derajat kita menjadi lebih dekat dengan Allah yang menciptakan manusia)
*mentok dan bopeng merupakan alam laqob (Panggilan) yang biasa dipakai kang santri untuk menyapa temannya lebih akrab
*bismillah jum’at barokah
Sumber : M. Anis Abdillah (Salah satu santri senior pondok induk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *