Pada liburan idul adha tahun ini 1440 H. santri pondok pesantren Bahrul Ulum mendapatkan kesempatan libur 3 hari, dimulai hari Jumat sd Ahad 11 Agustus 2019, namun kendati demikian santri pondok induk tidak diperkenankan untuk pulang kampung dikarenakan atas intruksi dari pengasuh pondok pesantren bahrul ulum KH. Abdul Nashir Fattah melarang santri pondok induk untuk pulang.

Namun walaupun banyak dari banyak santri yang menghendaki pulang namun mereka memilih ta’dhim kepada perintah kyai, mereka lebih memeilih untuk menetap di pondok sambil mengisi kemeriahan hari raya idul adha ini dengan beberapa kegiatan.

rangkaian kegiatan yang di ikuti oleh santri yang pertama adalah dengan mengikuti takbir keliling yang diselenggarakan oleh pengurus GP. Ansor desa Tambakrejo yang mana dalam kegiatan ini santri ikut serta dalam mengelilingi desa sembari mengumandangkan takbir bersama sama masyarakat. Setelah itu dilanjut dengan roan/bersih bersih lingkungan sskitar pondok pesantren guna persiapan sholat idul adha.

dikeesokan harinya seluruh santri mengikuti sholat hari raya idul adha di Masjid Jami Bahrul Ulum yang mana pada kesemtan kali ini yang bertugas menjadi imam adalah KH Yahya Chusnan dari PP. Al Mardhiyah Bahrul Ulum.

setelah mengikuti rangkaian sholat Ied santri santri berkumpul di halaman pondok untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban, dalam pelaksanaan penyembelihan ini para santri juga berpartisipasi membantu dalam proses pemotongan, setelah itu d lanjut dengan pembagian hewan kurban kepada segenap guru, karyawan, dan jajaran pengasuh pondok pesantren Bahrul Ulum.

Kemeriahan hari raya idul adha kali ini ditutup dengan makan bersama seluruh santri pondok pesantren bahrul ulum yang dilaksanakan di komplek pangeran diponegoro dan sunan kudus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *