Dalam catatan silsilah Tambakberas, Kiai Shechah adalah putra dari Mbah Jabbar Tuban, beliau salah satu tokoh dari Pasukan Diponegoro. Setelah selesai dari Perang Diponegoro, Mbah Shoichah fokus mengelola pondoknya. Dalam kesehariannya lebih banyak melakukan tirakat atau riyadloh untuk mendekatkan diri kepada Allah, juga berguna untuk mengolah jiwa dan keprihatinan agar tangguh. Hal itu dibuktikan kalau malam hari beliau jarang tidur.

Mengapa beliau dipanggil Mbah Shechah padahal namanya KH Abul Salam ?

Mbah Shechah mempunyai kesaktian seperti suaranya bak halilintar bagi musuhnya. Suatu saat pondok yang beliau asuh kian hari bertambah pesat perkembangannya bahkan sampai terdengan Residen Belanda. Tidak diketahui apa maksud dan keperluannya, Residen Belanda mengutus kurir untuk menemui KH Abdul Salam, si kurir pun berangkat dengan kereta kuda menuju Desa Gedang. Sesampainya di halaman ndalem beliau,  dengan nada congkak si kurir berteriak teriak keras memanggil Abdul Salam. beliau pun akhirnya keluar rumah dengan membalas bentakan “sopo awakmu….?” (siapa kamu….?) gelegar suara beliau dahsyat dan keras layaknya geledek menyambar seketika itu, si kurir dan kudanya langsung pingsan dan tewas, kabar itupun menyebar dan KH Abdul Salam lebih dikenal dengan sebutan KH Shoichah (Bahasa Arab, yang berarti Bentakan/gelegar).
Dalam riwayat lain, Mbah Shechah sering juga didatangi jin dan mempunyai santri jin, konon suatu saat Mbah Shechah ditawari pergi haji dengan kendaran jin. Setelah ditengah laut, ternyata jin ada niatan jelek maklum jin layaknya manusia ada yang baik ada yang tidak, saat Mbah Shechah berkendara jin yang sedang berada di tengah lautan, si jin mau menjatuhkan beliau ke laut. namun karena Mbah Shechah adalah pendekar pilih tanding yang sudah biasa mengolah batin, jin tersebut tidak mampu menjatuhkan Mbah Shechah.
Nilai dari pelajaran yang bisa dipetik adalah pribadi yang kuat jiwa dan mentalnya itulah yang akan sukses dalam menjalani hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *