Jum’at, 16 Agustus 2019 seluruh santri pondok pesantren Bahrul Ulum berkumpul ditengah halaman untuk mengokuti upacara bendera dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 47.

Beda dengan yang lain, jika pada umumnya upacara bendera diadakan pada siang hari kali ini santri pondok induk mengambil tema yang berbeda. Upacara bendera diadakan pada malam hari dengan penerangan hanya memakai obor, tujuanya adalah untuk menambah rasa syahdu dan khidmat dalam mengenang jasa para pahlawan terdahulu.

Dihadiri oleh ketua umum yayasan pondok pesantren Bahrul Ulum KH. Wafiyul Ahdi dan sekaligus menjadi pembina upacara pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan kepada para santri bahwasanya ” 2 abad yang lalu mbah shoihah seorang panglima perang pangeran diponegoro yang merupakan pendiri cikal bakal pondok pesantren Bahrul Ulum merupakan pejuang kemerdekaan dalam melawan penjajah, dilanjut keturunanya KH Abd. Wahab Hasbullah yang melalui orasi dan gerakan organisasinya menggerakkan jiwa nasionalisme bangsa Indonesia, maka apabila ada santri bahrul ulum yang tidak punya jiwa nasionalisme dan bela negara berarti telah menghianati perjuangan para ulama dan pendiri pesantren Bahrul Ulum” tandasnya.

Upacara kali ini merupakan acara penutup dari seluruh rangkaian acara dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 74 tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *