Kesejahteraan Santri

Departemen ini mempunyai tugas pokok sebagai fasilitator yang terkait dengan kesejahteraan, pelayanan, serta kenyamanan santri dalam proses belajar mengajar di pondok pesantren, baik berupa listrik, air, kebersihan lingkungan pondok pesantren, serta menjaga kenyamanan dan kelayakan tempat belajar mengajar.

Departemen sarana dan prasarana juga punya andil dalam menjaga stabilitas keindahan dan kebersihan di pondok pesantren, karena dalam departemen ini terdiri dari beberapa bidang yang salah satu di antaranya yaitu bidang KKLH yang fokus dan berkonsentrasi pada masalah keindahan dan kebersihan. Sedangkan semua bidang yang ada di bawah penanganan departemen sarana dan prasarana adalah:

  1. Bidang Kebersihan Dan Keindahan Lingkungan Hidup.
  2. Bidang Teknisi (Berfungsi sebagai penyedia dan pemberi fasilitas listrik dan air serta kenyamanan santri dalam melaksanakan proses belajar mengajar.)
  3. Bidang Konsumsi (Yang mempunyai tugas utama sebagai penyedia jamuan pelayanan pada kegiatan acara yang dilaksanakan di pondok pesantren, juga sebagai penyedia jamuan pelayanan kepada tamu).
  4. Bidang Perpustakaan Dan Media Masa
  5. Pengembangan Minat dan Bakat