Haul KH. Ach. Al Fatih Abdurrochim, KH. Fajrunnajah, KH. Chusnurrofiq dan 7 Hari KH. Chimayatulloh Al Fatich

Peringatan haul (kata “haul” dari bahasa Arab, berarti setahun) adalah peringatan kematian seseorang yang diadakan setahun sekali dengan tujuan utama untuk mendoakan ahli kubur agar semua amal ibadah yang dilakukannya diterima oleh Allah SWT. Biasanya, haul diadakan untuk para keluarga yang telah meninggal dunia atau para tokoh untuk sekedar mengingat dan meneladani jasa-jasa dan amal baik mereka.

Haul KH. Ach. Al Fatih Abdurrochim, KH. Fajrunnajah, KH. Chusnurrofiq dan 7 harinya KH. Chimayatulloh Al Fatich dilaksanakan pada hari Ahad malam Senin, 6 September 2020 M bertepatan pada tanggal 17 Muharram 1441 H, ba’dha Isya’ di Jerambah Masjid Jami’ Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang (PPBU). Acara tersebut dilaksanakan dengan khidmah dan khusuk serta dihadiri oleh para masyayikh PPBU dan para santri PPBU. Acara dibuka dengan pembacaan Surat Al Fatihah, dilanjutkan dengan khotmil Qur’an dipimpin oleh KH. M. Imron Rosyadi Malik, pembacaan tahlil dipimpin oleh KH. M. Salman Al Faries, serta dilanjutkan dengan sambutan oleh keluarga, yang diwakili oleh Ketua Umum Yayasan PPBU KH. M. Wafiul Ahdi Amanulloh dan diakhiri dengan doa penutup oleh KH. Achmad Hasan.

Salah satu sambutan beliau adalah KH. Chimayatulloh Al Fatich (Gus Chim) pada periode kepengurusan KH. M. Irfan Sholeh, beliau menjadi komandan sigap Yayasan PPBU. Beliau tinggal dimertuanya yang berada di Pasuruan yaitu Pondok Pesantren As-Salafiyyah Pasuruan dan dinasnya beliau di Tambakberas Jombang. Selama 20 tahun beliau pulang pergi setiap hari dari Pasuruan ke Jombang dan Jombang ke Pasuruan (pulang dan pergi) untuk menyebarkan ilmu. Beliau juga termasuk guru di Madrasah Aliyah Negeri. Beliau terakhir di Tambakberas, ketika menghadiri pernikahan Agus H. Robeth Haidar Balya (Pondok Pesantren An-Najah).

Kronologi sebelum wafat, beliau terkena penyakit paru-paru kemudian dirawat di RSUD Pasuruan. Akibat alat medis di RSUD Pasuruan belum memadai, beliau langsung dirujuk ke RSUD Jombang, sebelum sampai RSUD Jombang beliau berpulang ke rahmatulloh (wafat) pada hari Ahad malam Senin, 31 Agustus 2020 M di RSUD Jombang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *