Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah telah tiba, seperti yang telah masyhur Hari Raya tersebut sangat identik dengan penyembelihan hewan qurban, hal itu sebagai wujud napak tilas kita akan perjuangan Nabiyulloh Ibrahim As. yang rela mengorbankan putranya yang bernama Ismail As. demi menjalankan perintah (yang sebenenanya sebuah ujian) dari Allah SWT. yang akhirnya Nabi Ismail diganti oleh Allah dengan Kambing berkat keikhlasan beliau dalam menjalankan perintah-Nya. Didasari oleh peristiwa tersebut umat Islam di seluruh dunia dianjurkan agar menyembelih hewan qurban jikalau mampu.

Namun, masih banyak umat Islam yang bertanya-tanya apakah perintah agar ber-qurban itu semata untuk menghormati jasa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail saja? apakah tidak ada fadhilah (keutamaan) lainnya?. Jawabannya tentu ada, banyak sekali fadhilah menyembelih hewan qurban salah satunya ialah dalam segi bahasa, kata QURBAN sendiri memiliki makna dekat (dekat dengan Allah), selain itu terdapat Hadits Nabi SAW. yang berbunyi :

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا عَمِلَ آدَمِيٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمِ إِنَّهَا لَتَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَشْعَارِهَا وَأَظْلَافِهَا وَأَنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنْ اللَّهِ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ مِنْ الْأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

Aisyah menuturkan dari Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam bahwa beliau bersabda, “Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.” (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117)

Dengan demikian banyak sekali fadhilah menyembelih hewan qurban yang jarang kita semua ketahui. Sekian…

#iduladha1442h #ppkmdarurat #santrisehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *